KONFERENSI VIRTUAL

Pelaksanaan seminar akan dilaksanakan melalui daring dengan menggunakan aplikasi ZOOM. Pemakalah harus membuat video presentasi yang nanti akan dijadikan alternatif ketika koneksi internet tidak stabil. 

Batas waktu untuk pengiriman video adalah 11 September 2020.

Silahkan mengunggah video presentasi pada folder yang telah tersedia (silahkan memilih folder sesuai dengan bidang yang dipilih). Video presentasi dapat  diunggah melalui link berikut, dengan password : sentrinov6

Konferensi akan dilaksanakan secara daring dengan memutar file video yang telah diserahkan oleh Pemakalah pada saat pelaksanaan seminar pada tanggal 26 September 2020. Pemakalah harus bersedia online untuk mengikuti sesi tanya jawab yang akan dipandu oleh Moderator.

Berikut adalah pedoman dalam mempersiapkan file video :

Durasi video                  :       10 menit

Sesi Tanya Jawab        :       5 menit (dilakukan setelah pemutaran video)

Format file                     :       MPEG-4 (.mp4)

Ukuran video                 :       HD (pengaturan 1280 x 720 atau “720p”)

Kualitas audio               :       Pastikan anda telah memeriksa audio apakah sudah terdengar jelas sebelum mengirim video

Konten video harus berisi tampilan slide presentasi dengan disertai audio presentasi. Pemakalah dapat menambahkan suntingan dirinya saat melakukan presentasi, namun dengan ukuran thumbnail dan digabungkan pada tampilan slide presentasi. Anda dapat memakai beberapa perangkat lunak seperti PowerPoint dan KeyNote. Untuk tutorial cara pembuatan video dan audio presentasi bisa melihat melalui laman Youtube dan sebagainya.

Berikut beberapa link laman web yang dapat dijadikan referensi dalam membuat video presentasi:

1.  Bagaimana menambahkan audio dan video ke dalam slide
presentasi klik disini

2.   Bagaimana mengkonversi slide audio/video kedalam menjadi
file MPEG-4 (.mp4) klik disini

3.  Atau klik disini untuk mengetahui video tutrial
bagaimana membuat slide presentasi dan melakukan konversi ke file MPEG-4 (.mp4)

Pilihan lain:

1.  Anda dapat merekam layar anda dan menggunakan michrophone saat
merekam aplikasi (dengan menggunakan aplikasi perekam layar PC). Ada beberapa
opsi yang dapat anda gunakan sesuai dengan Sistem Operasi yang anda gunakan :

a. Linux

b. Windows

c. MacOS

2.   Anda dapat juga menggunakan beberapa pilihan perangkat lunak
yang digunakan untuk video editing seperti kdenlive, iMovieFlashBack Express Recorder atau yang lainnya

Pemakalah bisa menggunakan aplikasi ZOOM melalui perangkat laptop / PC, maupun perangkat smartphone ( android, Iphone). Berikut adalah cara mengakses aplikasi ZOOM.

  • Sistem Operasi Windows
  1. Buka web browser dan ketik “Zoom Cloud Meeting” pada kolom pencarian atau klik disini untuk download
  2. Silahkan download Zoom Client for Meetings
  3. Lakukan instalasi aplikasi Zoom pada laptop / PC anda
  4. Atau langsung masuk kesini dan memasukkan Meeting ID
  • Perangkat Android
  1. Jika anda belum mempunyai aplikasi Zoom maka silahkan buka Playstore pada perangkat android anda dan ketik “Zoom Cloud Meeting”
  2. Silahkan download aplikasi Zoom versi terbaru
  3. Masukkan Meeting ID
  • Perangkat Iphone
  1. Buka Appstore pada perangkat Iphone dan ketik “Zoom Cloud Meeting”
  2. Silahkan download aplikasi Zoom versi terbaru
  3. Masukkan Meeting ID

Selama pelaksanaan seminar secara virtual, Peserta akan mengikuti sesi seminar secara paralel. Setiap sesi akan dipandu oleh 1 moderator. Seluruh peserta wajib menonaktifkan suara selama sesi pemutaran video presentasi. Moderator akan memandu pelaksanaan sesi tanya jawab, dan berhak untuk mengaktifkan / menonaktifkan suara Peserta sesuai dengan kepentingan pelaksanaan sesi tanya jawab. Karena keterbatasan waktu dalam sesi tanya jawab maka Peserta dipersilahkan untuk melanjutkan sesi tanya jawab secara offline.

CARA BERGABUNG

Semua Meeting ID dan password akan dikirimkan ke email peserta, berikut juga jadwal technical meeting. Meeting ID juga akan diunggah pada laman web SENTRINOV 2020. Anda dapat bergabung sesuai dengan sesi paralel yang telah ditentukan oleh panitia. Jika peserta telah bergabung sebelum sesi pelaksanaan dimulai maka peserta harus menunggu sampai Moderator membuka sesi pelaksanaan seminar.

SELAMA SESI BERLANGSUNG

  1. Moderator akan menonaktifkan microphone peserta selama pemutaran video presentasi. Batas waktu pemutaran video setiap peserta adalah 10 menit dan selanjutnya akan diteruskan dengan sesi tanya jawab selama 5 menit.
  2. Selama pemutaran video presentasi, peserta lain dapat mengajukan pertanyaan. Peserta perlu ijin ke moderator jika akan meninggalkan sesi seminar.
  3. Karena pelaksanaan seminar dilaksanakan secara virtual maka peserta diperkenankan untuk istirahat. Pastikan aplikasi Zoom tetap aktif dan microphone anda dalam keadaan mati (muted)